Senin, 05 Maret 2018

Seleksi Tes CPNS Kemenkeu

Bismillah...
Assalamualaikum...

Alhamdulillah, tak terasa sudah masuk tahun ke-5 sejak dinyatakan lolos seleksi dan diterima menjadi bagian dari Kemenkeu. sebelum saya ceritakan pengalaman saya dulu tes CPNS, FYI saja... jika ingin masuk menjadi bagian dari Kemenkeu, kita harus SIAP ditempatkan DIMANA SAJA di SELURUH INDONESIA. itulah yang saya alami sekarang, penempatan di Jakarta, Suami di Gresik, Anak di Lamongan. :D masih bersyukur bisa pulang ke Jawa Timur setiap minggunya (ngempet nabunge :D ) ; mohon doa yaa semoga saya bisa segera berkumpul setiap hari dengan suami, anak, dan keluarga :) temen-temen saya BANYAK SEKALI yang penempatan jauh dari homebasenya. 

Oke, tes CPNS. dulu, tahun 2013, banyak sekali instansi yang membuka lowongan CPNS. saat itu posisi saya nganggur habis resign dari salah satu perusahaan di JKT. alasan resign saya saat itu pengen sekolah lagi. memang sih, saat itu saya mengapply beasiswa di Taiwan. nah, karena tau ada lowongan, saya pun tertarik apply, disamping ibu saya juga ingin saya apply CPNS. saya apply beberapa instansi yang saat itu kita bisa apply semua dan satu orang bisa lulus beberapa instansi ( akhirnya tahun 2014 diubah peraturannya sih, hanya bisa apply 1 instansi kalo tidak salah ).

pendaftaran dan segala pengumuman CPNS Kemenkeu, hanya ada di web rekrutmen.kemenkeu.go.id ; jadi harus rajin-rajin pantengin itu web. :D

kebetulan background saya adalah Sistem Informasi, dan pilihan unit kerjanya hanya Dirjen Pajak dan Dirjen Beacukai.kita diminta untuk memilih 2 pilihan. mau tidak mau saya memilih 2 itu, pendaftaran via web kita diminta memasukkan data ijazah, perlu saya sampaikan, PASTIKAN NAMA NOMOR DLL DI IJAZAH DAN DATA LAIN BENAR. karena salah 1 angka/ huruf saja bisa tidak lolos. 

nah jika sudah lolos administrasi, tes selanjutnya adalah TES KEMAMPUAN DASAR (TKD) pada saat itu ketika saya lamar CPNS, saya beli dan cari buku2 terkait tes CPNS, latihan-latihan soal, bongkar2 kembali buku SMP, SMA, biologi, kimia, fisika, sejarah, karena memang materinya sangat umum. saya masih ingat saya pernah dapat soal menghitung suhu celcius ke fahrenheit -_- o iya, pada saat itu, saya sudah menggunakan CAT (Computer Assisted Test) jadi kita jawab soal pake komputer, langsung kelihatan hasilnya, langsung tahu lulus tahap selanjutnya apa engga :D.

jadi ada 3 tes pada hari yang sama yaitu: TKD, TWK (Test Wawasan Kebangsaan) dan TIU (Test Intelejensi Umum). TKD seperti yang sudah jelaskan diatas. TWK berisi tentang Undang-Undang, sejarah indonesia, NKRI, pemerintahan, Pancasila, dan lainnya. sedangkan TIU berisi matematika, logika, sinonim, antonim, yang saya juga ingat ada soal menghitung panjang busur dan luas juring. -_- terakhir denger kata juring SMP deh, apa SMA yaaa

jika sudah lolos TKD, Tahapan ke-3 adalah TES PSIKOTES. ini tesnya seharian loooh, jadi harus fresh, siapin tenaga pikiran, sarapan, tidur nyenyak malam sebelumnya, pokoknya kudu fresh hehehe. tesnya ada beberapa sesi sih, ada yg bentuk2 shape2 gitu, angka2, itung2, garis2, kalimat2, PAULI, dan ada gambarnya.

Selanjutnya tes terakhir, jika lolos Tes Psikotes adalah TES KEBUGARAN DAN WAWANCARA TAHAP AKHIR. naaah, untuk tes kebugaran kita disuruh lari keliling lapangan 12 menit dilanjut shuttle run membentuk angka 8 sebanyak 3 hari. tips dari saya: usahakan latihan rutin lari dulu sebelum tes, jadi setelah tes psikotes langsung aja latihan lari. itung2 olahraga kaaan, lalu belajar teknik pernafasan saat lari (banyak kok di google) jaga pola makanan.

Tes Wawancara. pada saat itu, saya diwawancarai oleh 2 pegawai, yang ditanyakan antara lain: kesusksesan dan kegagalan kita, pengalaman kerja, pengalaman problem solving, cita-cita, dan lainnya. usahakan rileks sebelum tes wawancara, persiapkan dengan baik, deg-degan boleh tapi buat serileks mungkin, ingat-ingat lagi atau kalau perlu dicatat pertanyaan2 yang sekiranya sudah dapat kita perkirakan seperti yang saya sebut diatas. berdoa sholawat serta tawakkal.

itu saja sih sekilas dan sedikit cerita saat saya tes dulu...

semoga bermanfaat...:)

o iya, jika diterima, IJAZAH kita dihold 5 tahun loh yaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for comment this article. :)